Teknik Mancing Slow Jig Dan 4 Macam Jenis Turunannya

Tau ga sih kalian wahai para pemancing mania tentang Cara Mancing Slow Jigging ternyata diklaim bisa di praktekkan dalam berbagai jenis kondisi laut, berbagai jenis ikan target, dan pastinya tidaklah begitu melelahkan bila di bandingkan dengan jenis Teknik Mancing Jigging.

Salah satu dari anggota MGFA: Malaysian Game Fishing Anglers yang bernama Mark ketika ia di temui pada acara workshop slow jigging mengatakan, ketika seorang angler yang ingin mulai menggunakan teknik mancing slow jig maka ia wajib terlebih dahulu melupakan teknik mancing yang lainnya terutama teknik mancing Fast Jigging, ini karena sangat bertolak belakang alias berbeda teknik atau caranya.

Cara Mancing Slow Jig

INGAT : Bila ingin mencoba atau mempraktekkan cara mancing slow jig anda harus lupakan teknik mancing yang lain terutama semua teknik mancing jigging.

Dengan adanya bantuan fish finder yang di miliki pada kapal pemancing akan lebih mudah dalam mendapatkan spot mancing yang banyak ikannya dan juga dapat mengetahui berapa kedalaman lokasi mancing tersebut. Hal ini berguna dalam memperkirakan panjang senar yang di gunakan dan saat memulai teknik slow jignya.

Pada postingan yang lain kita telah membahas bagaimana memilih peralatan atau piranti untuk memancing dengan teknik slow jigging dengan judul Slow Jigging Dan Piranti Yang Tepat Untuk Di Gunakan. Kini saatnya kita bahas lebih lanjut tentang:

Teknik Mancing Slow Jig

 4 Macam Cara Teknik Mancing Slow Jig

Teknik Mancing Slow Pitch Jerk

Cara mancing yang satu ini menerapkan pola satu banding satu yaitu sekali mutar handle atau pitch sekali pula menyentak jorannya atau jerk. Untuk putaran handle anda bisa memvariasikannya dengan satu putaran penuh atau setengah putaran ataupun hanya seper empat putaran saja, yang perlu di ketahui semakin besar putaran handle maka semakin melebar pula umpan jignya sehingga pergerakannya serupa atau mirip cumi-cumi.

Bila anda mengunakan teknik memancing denga pola ini jangan lupa berhenti sebentar disaat akhir pitch, hal ini berguna supaya umpan jig bisa berputar ataupun jatuh kebawah dengan sempurna, waktu seperti ini yang kemungkinan besar ikan target jadi tertarik untuk keluar dari sarang dan menyambar jig.

Teknik Mancing  High Pitch Jerk

Tidak begitu banyak perbedaan dengan teknik sebelumnya ( Slow Pitch Jerk ), pada teknik High Pitch Jerk harus menyentak lebih kuat dan tempo permainannya harus lambat hal ini di sebabkan agar jig yang di gunakan dapat menyelam jauh ke dasar laut, akan lebih baik bila yang di gunakan adalah jenis jig yang agak panjang karena efek menyelam tegak lurusnya akan lebih baik dari yang biasa.

Slow Jig

Gunkan cara mancing seperti ini di pagi hari ataupun di sore hari karena di waktu tersebut intensitas makan ikan meningkat di bandingkan dengan waktu lainnya. Teknik High Pitch Jerk bisa juga di pergunakan di saat kondisi arus laut sedang kuat yang pastinya kita tidak dapat menggunakan teknik slow pitch jerk.

Teknik Mancing Long Fall Jerk

Teknik ini di gunakan untuk mengganggu sang predator yang lagi bermalas malasan alias sedang tidak aktif memburu mangsa. Caranya cukup mudah yaitu sentakkan joranmu ke atas kemudian putar handle satu atau dua kali putaran full selanjutnya kembali sentak joran ke atas, jangan sentak terlalu kencang cukup dengan perlahan karena bila terlalu kencang maka aksi umpan jig tidak berarti yang terjadi hanya berupa getaran saja karena kekencangan.
Ikan Target Mancing Jigging

Teknik Mancing Bottom Bouncing

Cara mancing yang satu ini khusus target untuk jenis ikan dasar laut, jadi musti cek kondisi dulu dengan fish finder biar ga tekor jignya nyantol di karang. Adapun tekniknya turunkan umpan jig hingga menyentuh dasar laut, ketika telah sampai di dasar namun kondisi reel masih terbuka sentaklah tiga hingga empat kali, hal ini berfungsi untuk mengetuk dasar laut dan mengganggu ikan yang bersembunyi. Kemudian tutup reel dan sentakkan joran kurang lebih satu meter dari dasar laut lalu ulangi lagi dari awal. 

Sangat efektif untuk strike ikan karang namun di anjurkan agar melepas kail pada jig bagian bawahnya supaya tidak nyantol di batu karang. Dari 4 teknik Slow Jig ini para angler bisa memilih mana yang di suka atau bisa menggunakan semua tekniknya ataupun di kombinasikan untuk membuat pola jig menjadi beragam, saran mimin sesuaikan dengan kondisi spotnya akan lebih baik dari pada maruk gunain semua teknik hehehehe.

Untuk referensi tambahan silahkan tonton video bagaimana menggunakan teknik memancing slow jig di bawah ini.!

Demikianlah ulasan kita kali ini tentang Teknik Mancing Slow Jig Dan 4 Macam Jenis Turunannya yang semoga saja dapat menjadi referensi tambahan sobat angler sekalian, salam joran melengkung dan jangan lupa utamakan keselamatan.
Baca juga: Mancing Fly Fishing

Komentar