Mancing Fly Fishing Dunia Mancingnya Para Bangsawan

Mancing Fly fishing berasal dari kata fly yang memiliki arti serangga. Teknik memancing ini merupakan suatu teknik memancing yang sangat unik karena menggunakan umpan tiruan atau buatan. Bentuk umpan dapat dibuat bervariasi sesuai dengan makanan favorit sang ikan predator. Pada umumnya jenis umpan yang digunakan akan dibentuk seperti serangga yang biasa dikonsumsi ikan yakni berupa hewan-hewan kecil. 

Mancing Fly Fishing

Untuk membuat umpan tiruan tersebut digunakan bahan yang ringan seperti bahan dari kain, bulu, tali, benang, bahan pewarna, dan lem perekat. Namun, semakin bertambahnya kecanggihan teknologi penggunaan bahan alami tersebut semakin terasa sulit ditemukan. Oleh sebab itu, digunakanlah jenis serat buatan yang berasal dari bahan sintetis dalam pembuatan umpan serangga.

Umpan Fly Fishing

Bahkan kualitasnya tidak jauh berbeda dengan bahan umpan secara alami pada zaman dahulu. Serat bahan sintetis ternyata mampu membuat bentuk dan warna umpan yang menyerupai serangga asli.

Cara Mancing Fly Fishing

Pemancing akan melempar umpan buatan ke permukaan air dengan jarak yang telah ditargetkan. Umpan sengaja digerakkan agar bergerak-gerak layaknya serangga yang sedang berenang di air. Dengan adanya gerakan tersebut, ikan merasa tertarik untuk memangsanya. Semakin kreatif jenis umpan yang dibuat, semakin banyak pula peluang yang didapatkan untuk menangkap ikan sasaran.

Baca Juga:
Teknik Mancing Slow Jigging
Peralatan Mancing Bait Casting

Sejarah Teknik Fly Fishing

Pada mulanya metode memancing menggunakan senar ini diperkenalkan oleh seorang bangsawan Inggris. Keberadaannya sudah ada sejak abad ke 2 Masehi. Di zaman canggih saat ini, menggunakan teknik fly fishing untuk memancing masih banyak dilakukan oleh beberapa tim tertentu untuk menaklukan berbagai jenis ikan seperti salmon, gabus, hampala, toman, bawal, pacu dan lainnya. Banyak pemancing yang memilih menggunakan teknik tersebut karena bersifat menantang dan dapat melatih kesabaran.

Teknik Mancing Fly Fishing

Bagi seorang pemula, menggunakan prinsip dasar fly fishing bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Jika Anda memiliki kemauan untuk memahami  prinsip-prinsip dasarnya, maka anda dapat mempraktekkannya dengan mudah. Semakin sering berlatih, Anda akan memiliki kemampuan handal memancing dengan teknik fly fishing, kuncinya adalah kesabaran dan tetap latihan alias praktek.  

Peralatan dan Cara Menerapkan Teknik Mancing Fly Fishing

Jenis peralatan yang digunakan untuk menerapkan teknik mancing fly fishing cukup unik. Anda dapat melakukan desain joran, umpan, reel, dan senar. Berikut hal yang dapat dipraktikkan.

1. Joran di desain berdasarkan spesifikasi berat yang akan digunakan. Jenis joran dapat Anda pilih dari bahan fiberglass, bambu, dan grafit. Anda dapat mendesain jenis joran untuk lebih slow dan fast ketika diayunkan untuk melempar senar fly ke target.

2. Pembuatan umpan dapat dibuat secara kreatif menyerupai serangga. Anda cukup membuat lilitan-lilitan pada kail menggunakan hiasan benang, manik-manik, bulu, kawat, rambut, kain dan sebagainya yang sekiranya menyerupai serangga asli. Selain bentuk serangga laut, Anda juga dapat memodifikasi umpan menyerupai larva, kepompong, palet, sampai pada jenis ikan yang menjadi sasaran kesukaan predator.

Peralatan Fly Fishing

3. Reel berbentuk bulat yang bertujuan untuk menarik ulur benang atau senar. Jika Anda ingin menggunakan reel sebagai teknik mancing fly fishing, maka harus disesuaikan dengan kekuatan senar karena pada dasarnya setiap benang memiliki ukuran yang berbeda-beda.

4. Senar pancing yang digunakan untuk teknik tersebut disebut dengan fly line. Ukuran senar tentunya disesuaikan dengan kapasitas berat ikan yang menjadi target. Yang perlu diperhatikan lagi adalah penggunaan senar harus sesuai dengan joran agar terjadi keseimbangan sama-sama kuat.

Teknik yang Digunakan untuk Memancing

Untuk memancing menggunakan teknik fly digunakan joran yang berbahan lentur agar pemancing lebih mudah untuk melemparkan senar ke jarak dan target yang ditentukan. Rangkaian pancing terlebih dahulu didesain sesuai kebutuhan. Misalnya disesuaikan dengan area pemancingan yaitu di daerah sungai berarus deras atau arus sedang. Anda terlebih dahulu harus memastikan rangkaian peralatan pancing yang terdiri dari joran, senar, dan reel yang ujung mata kailnya telah terdapat umpan serangga buatan.

Pada saat umpan dilempar ke sasaran, biarkan umpan mengikuti aliran arus sungai sampai jarak yang cukup jauh. Namun, tetap perhatikan keamanan Anda agar tetap bisa menjangkau pancing yang telah dilempar. Lakukan gerakan tarik menarik seolah-olah umpan serangga buatan sedang berenang-renang di permukaan air. Teknik ini akan memancing respon predator untuk memangsanya. Selain menarik-narik umpan, Anda juga dapat melempar atau mengambilnya beberapa kali agar predator merasa marah dan segera ingin memangsanya.

Ciri khas dari teknik memancing fly ini adalah pemberat untuk menenggelamkan umpan bukan berada dari umpannya, tetapi pada jenis senar yang digunakan. Jika senar fly cukup berat, maka umpan akan melayang dan tepat jatuh di dekat target. Selain itu, penggunaan joran yang ringan akan lebih memudahkan pemancing untuk melempar kail. Adapun penggunaan teknik fly fishing yang tepat dilakukan adalah di daerah perairan tawar namun ini bukan ketetapan yang baku dan bukan berarti tidak bisa di gunakan di laut.

Untuk para pemancing yang ingin mencoba teknik mancing ini saran dari mimin persiapkan modal yang cukup ya karena harganya cukup menguras isi dompet, oleh karena itu memancing dengan peralatan fly fishing mendapatkan julukan hobinya para bangsawan.

Demikian Mancing Fly Fishing Dunia Mancingnya Para Bangsawan semoga bermanfaat untuk menambah referensi ilmu dalam Dunia Mancing para sobat angler sekalian, sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Komentar

  1. nice information - http://essenaquatic.xyz/umpan-oplosan-essen-ikan-mas-harian/

    BalasHapus

Posting Komentar